HAI ORANG-ORANG YANG BERIMAN, TELAH DIWAJIBKAN KEPADAMU BERPUASA SEBAGAIMANA TELAH DIWAJIBKAN KEPADA UMAT-UMAT SEBELUM KAMU AGAR KAMU BERTAQWA (QS AL-BAQARAH 183)

Minggu, 15 Agustus 2010

10 MANFAAT KESEHATAN DARI HUBUNGAN INTIM

Keuntungan dari hubungan seksual dapat diperoleh dengan cara yang tidak pernah dibayangkan. Kehidupan yang sehat dan bahagia dapat meningkatkan kekebalan tubuh, disinilah hubungan intim berperan. “Sudah saatnya untuk melihat bagaimana peran hubungan seksual terhadap kehidupan, baik fisik maupun psikologis,” kata Joy Davidson, PhD, seorang psikolog dan terapis seks. Beberapa manfaat yang didapatkan dari hubungan intim adalah:

1. Hubungan intim mengurangi stres
Manfaat yang paling baik dari segi kesehatan adalah hubungan seksual dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi stres, berdasarkan peneliti dari Scotland dalam jurnalnya yang diterbitkan oleh Biological Psychology. Penelitian ini diikuti oleh 24 wanita dan 22 pria yang secara berkelanjutan merekam aktivitas seksual mereka. Mereka yang melakukan hubungan intim dapat berespon lebih baik terhadap stres dibandingkan mereka yang tidak melakukannya. Penelitian lain yang diterbitkan di jurnal yang sama mengemukakan mengenai kaitan antara frekuensi hubungan intim dengan penurunan tekanan darah diastolik.

2. Hubungan intim meningkatkan kekebalan tubuh
Kehidupan seksual yang baik berarti fisik yang sehat. Berhubungan intim 1-2x/ minggu berkaitan dengan tingginya kadar antibodi yang disebut dengan Imunoglobulin A (IgA). Berdasarkan penelitian Universitas di Wilkes-Barre, Pa. IgA dapat melindungi dari influenza dan infeksi lainnya.

3. Hubungan intim membakar kalori
Tiga puluh menit hubungan seksual dapat membakar 85 kalori atau lebih. “Seks adalah latihan yang sangat baik,” kata Patti Britton, PhD, seorang seksologist dan Ketua dari American Association of Sexuality Educators and Therapists. Membutuhkan kerjasama yang baik dari segi fisik dan psikologis untuk melakukan hubungan intim.

4. Hubungan intim memperbaiki kesehatan jantung dan pembuluh darah Berdasarkan penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Epidemiology and Community Health, didapatkan bahwa frekuensi hubungan seksual tidak berkaitan dengan stroke pada 914 pria yang diikuti selama 20 tahun. Para peneliti juga menemukan bahwa melakukan hubungan intim 2 kali atau lebih dalam seminggu dapat mengurangi risiko serangan jantung pada separuh pria, dibandingkan dengan mereka yang melakukan hubungan seksual kurang dari 1 kali per bulan

5. Hubungan intim membangun kepercayaan diri
Membangun kepercayaan diri adalah 1 dari 237 alasan mengapa seseorang melakukan hubungan seksual, berdasarkan penelitian yang dipublikasikan oleh Archives of Sexual Behavior. Salah satu alasan mengapa seseorang berhubungan seksual adalah agar merasa dirinya lebih baik. ”Hubungan seksual yang baik dimulai dengan kepercayaan diri, apabila hubungan seksual tersebut diikuti dengan cinta, apa yang anda inginkan, dan komitmen, maka kepercayaan diri anda akan bertambah,” lanjut Gina Ogden, PhD, seorang terapis seksual di Cambridge

6. Hubungan seksual meningkatkan keintiman
Berhubungan seksual dan mengalami orgasme dapat meningkatkan kadar hormon oksitosin, hormon yang sering disebut dengan ‘hormon cinta’. Oksitosin dapat menimbulkan ikatan hubungan serta jalinan kasih yang lebih kuat. Penelitian yang dilakukan oleh Universitas di Pittsburg dan Carolina Utara mengevaluasi 59 wanita premenopause sebelum dan sesudah melakukan kontak erat (pelukan) dengan suami mereka. Para peneliti menemukan bahwa semakin banyak kontak erat, semakin tinggi oksitosin.

7. Hubungan intim mengurangi rasa nyeri
Seperti layaknya hormon oksitosin, hormon endorfin pun meningkat di kala hubungan seksual. Semakin tinggi kadar endorfin, semakin mengurangi nyeri yang terjadi. Jadi apabila anda mengalami sakit kepala, gejala PMS, nyeri radang sendi dan semuanya membaik setelah berhubungan intim, berterimakasihlah terhadap hormon-hormon ini.

8. Hubungan intim mengurangi risiko kanker prostat
Ejakulasi yang tidak sedikit dan tidak berlebihan terutama pada pria usia 20-an dapat mengurangi risiko kanker prostat.

9. Hubungan intim mengencangkan otot dasar panggul
Untuk wanita, melakukan latihan untuk menguatkan otot dasar panggul (latihan Kegel) selama hubungan intim dapat memberikan banyak keuntungan. Para wanita akan merasakan tambahan kenikmatan sekaligus menguatkan otot dasar panggul dan mengurangi risiko inkontinensia urin (tidak dapat menahan BAK) pada saat tua nanti

10. Hubungan intim membantu tidur menjadi lebih baik
Oksitosin yang dilepaskan sewaktu orgasme juga dapat membantu tidur menjadi lebih nyenyak. Dan dapat digarisbawahi bahwa kualitas tidur yang baik berarti peningkatan kualitas hidup lebih baik lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar